Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 1 (2021): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus dengan Menyusun Berbagai Bentuk Geometri di Kelompok B TK PUI 1 Dermayu Sindang Kab. Indramayu Jawa Barat

Firdaus, Firdaus (Unknown)
Bastiana, Bastiana (Unknown)
Jenny, Jenny (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuaan untuk Meningkatkan kemampuan anak dalam menyusun menara kubus dengan berbagai bentuk geometri yang beraneka ragam. Jenis panelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok B TK PUI 1 Dermayu Sindang yang berjumlah 27 Anak. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menyusun menara kubus dengan berbagai bentuk geometri yang beraneka ragam. Metode pengumpulan data di lakukan melalui lembar observasi menggunakan ceklis dan dokumentasi. Tehnik analisis data di lakukan secara deskriptif kualitatif yang menekankan deskripsi perbaikan di tiap siklus. Hasil penelitian menunjukan adanya perbaikan yang signifikan, yaitu peningkatan kemampuan menyusun menara kubus. Hal ini di buktikan dengan hasil presentase pada siklus 1 sebesar 65% dan pada siklus 2 95%. Besar peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 adalah 30%. Proses pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menyusun menara adalah dengan menggunakan bentuk geometri

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...