Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 4 (2021): SPESIAL ISSUE EDISI 1

Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa SMK Muhammadiyah Kadungora Kab. Garut Jawa Barat

Rina Maesyaroh (Pendidikan Bahasa Inggris, SMK Muhammadiyah Kadungora Kab. Garut Jawa Barat)
Amra Ariyani (Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan)
Neni Iriyani (Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik Kelas XII. Secara khusus tujuannya: (1) Mendeskripsikan aktivitas peserta didik; (2) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru; (3) Mengetahui hasil belajar peserta didik yang mengacu pada model problem based learning. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I dan II terdiri dari dua pertemuan (dua kali tatap muka). Data aktivitas peserta didik digali dengan Lembar pengamatan aktivitas peserta didik, data pengelolaan pembelajaran oleh guru digali dengan lembar pengamatan pengelolaan pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik pada pembelajaran yang mengacu model problem based learning pada materi Surat lamaran pekerjaan disiklus I maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini berada pada kategori BAIK; (2) Pengelolaan pembelajaran oleh guru di kelas pada materi Surat lamaran pekerjaan dengan model problem based learning disiklus 1 maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini juga berada pada kategori BAIK; (3) Hasil belajar peserta didik pada materi Surat lamaran pekerjaan mengalami peningkatan dibanding tahun pelajaran sebelumnya setelah menggunakan model pembelajaran problem based learning.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...