Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 3 No. 4 (2021): SPESIAL ISSUE EDISI 1

Penggunaan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Meningkatkan Keefektifan Belajar untuk Peserta Didik di Kelas VIII SMP Rancamanyar Kab. Bandung Jawa Barat

Rani Rani (SMP Rancamanyar Kab. Bandung Jawa Barat)
Chairil Chairil (Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan)
Elly Fatmasari (Bahasa Inggris SMK Negeri 10 Makassar Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keefektifan belajar mata pelajaran bahasa inggris. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIIISMP Rancamanyar pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan tindakan-pelaksanaan tindakan- observasi atau evaluasi-refleksi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan observasi terlebih dahulu. Selanjutnya pada tahapan pelaksanaan siklus I dan siklus II diperoleh hasil yang sangat baik. Untuk Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes evaluasi/ LKPD hasil belajar dan lembar observasi dalam bentuk jurnal yang selanjutnya dianalisis Dari data yang diperoleh di setiap set pembelajaran, ternyata persentase hasil belajar peserta didik bervariasi. Namun secara keseluruhan nilai hasil belajar mengalami peningkatan yang signifikan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...