Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar IPS pada materi Dinamika Penduduk Asia. Penulis mencoba memberikan solusi atau tindakan menggunakan model Problem Based Learning dengan rumusan masalah bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model problem based learning di kelas IX SMP Muhammadiyah 5 Padang?. Serta tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model problem based learning. Adapun kajian teori atau landasan dari penelitian ini tentang rendahnya hasil belajar dengan pemecahan masalah menggunakan model problem based learning. Untuk subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 5 Padang pada tahun 2020. Data penelitian ini dikumpulkan melalui lembar observasi dan dokumen berupa tes dan diolah dengan cara kualitatif dan persentase sederhana. Prosedur tindakan melalui perencanaa, pelaksanaa, pengamatan, dan refleksi. Penulis melakukan tindakan dalam penelitian sebanyak tiga siklus, dalam tindakan ini terjadi peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan model problem based learning di kelas kelas IX SMP Muhammadiyah 5 Padang
Copyrights © 2022