Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di SMP D-Baito Sunan Plumbon Tembarak Kab. Temanggung Jawa Tengah

Heryawanti, Eka Puji (Unknown)
Bahri, Bahri (Unknown)
Ansyar, Ansyar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Pemerintah mencanangkan program Pertemuan Tatap Muka Terbatas (PTMT), peserta didik diperbolehkan masuk sekolah dengan jumlah kelas setengah dari jumlah semula. Hal ini membawa dampak positif bagi dunia pendidikan karena dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang sudah lama terhenti. Pembelajaran Online akibat pandemi covid-19 berdampak pada beberapa hal antara lain keaktifan siswa di kelas. Karena terlalu lama belajar dirumah peserta didik pasif dalam pembelajaran. Mereka tidak percaya diri saat mengikuti pembelajaran di kelas, mereka sudah terbiasa melakukan pembelajaran daring yang bersifat individual. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model Discovery Learning untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP D-Baito Sunan Plumbon Tembarak. Tahapan dari penelitian ini adalah peneliti melakukan perbaikan pada setiap siklus agar pembelajaran sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pada siklus pertama pembelajaran masih pasif (70,58%), masih banyak peserta didik yang malu saat menyampaikan pendapat. Pada Siklus 2 dengan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, pembelajaran mulai berjalan, banyak peserta didik yang mengemukakan pendapat mereka (80,40 %). Dan Pada Siklus 3 hampir semua siswa (96,07%) dapat mengemukakan pendapatnya dengan baik, dapat menyimpulkan pembelajaran yang sudah dilakukan. Pembelajaran Discovery Learning sangat efektif untuk meningkatkan keaktifan peserta didik saat proses pembelajaran

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...