Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Kegiatan Bermain Balok TK Melati Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan

Suhesti, Suhesti (Unknown)
Amal, Azizah (Unknown)
Nilawati, Alla (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Pada kegiatan kali ini peneliti bertujuan untuk membantu anak meningkatkan kemampuan dalam mengenal bentuk geometri melaui kegiatan bermain yang menyenangkan dengan menggunakan media balok. Dari hasil observasi di lembaga TK Melati terdapat 67% dari jumlah peserta didik yang ada di kelompok A tahun pelajaran 2020/2021 memiliki kemampuan mengenal bentuk geometri yang cukup rendah karena guru kurang menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Berdasarkan identifikasi masalah dan tindakan yang dilakukan di kelompok A TK Melati, peneliti memperoleh data penelitian dari 6 anak yang mengikuti kegiatan bermain balok terdapat 5 anak yang berhasil meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri. Dan dengan ini dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui kegiatan bermain balok dinyatakan berhasil, sehingga kegiatan ini bisa diterima sebagai cara untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...