Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Pengaruh Layanan Konseling Individual Melalui Pendekatan REBT denganTeknik Kognitif Terhadap Cara Mengatasi Kecemasan di SMP Marie Joseph Jakarta

Agustina, Lina (Unknown)
Saman, Abdul (Unknown)
Jaya, Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengurangi kecemasan setelah diberikan layanan konseling individual melalui pendekatan REBT dengan teknik kognitif. Penelitian dilakukan pada siswa siswi di SMP Marie Joseph. Penelitian ini dilakukan dengan menyusun RPL konseling Individual yang berisi tentang penerapan pendekatan REBT dengan teknik kognitif dikaitkan dengan kasus yang dialami konseli. Penelitian ini dilakukan dalam 3 kali konseling dengan konseli yang berbeda beda dalam kasus yang relatif-mirip. Ada beberapa tahab konseling ada yang dilakukan oleh konselor beberapa di antaranya ialah identifikasi, diagnosa, tindakan konseling. Metode pengumpulan data yang dilakukan konselor adalah wawancara dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi pengurangan kecemasan. Hal ini dapat terlihat setelah mengikuti konseling konselor dapat melihat dari hasil lembar evaluasi dan observasi perilaku konseli. Terlihat bahwa konseli dapat mengurangi rasa cemas yang selama ini di alami oleh konseling.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...