Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Discovery Siswa Kelas VIII F SMPN 1 Margoyoso Kab. Pati, Jawa Tengah

Kunestri, Yuni (Unknown)
Ibrahim, Ibrahim (Unknown)
Suriani, Suriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Discovery. Siswa Kelas VIII F SMP N 1 Margoyoso Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIF SMP Negeri 1 Margoyoso yang berjumlah 31 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut bahwa model pembelajaran discovery. dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIIIF SMP N 1 Margoyoso Pati. Hal ini dibuktikan dari analisis hasil belajar siswa yang dilaksanakan menunjukkan adanya peningkatan. Pada prasiklus hasil rata-rata persentase ketuntasan belajar sebesar 35%. Siklus I persentase ketuntasan belajar pada pre-tes 26% menjadi 68% pada post-tes dengan kategori kurang, jadi mengalami peningkatan 42%. Pada siklus II persentase ketuntasan belajar dari 32% pada pretes menjadi 90% pada postes dengan kategori baik sekali, jadi mengalami peningkatan sebesar 58%. Hasil tersebut sudah sesuai dengan kriteria ketuntasan yang diharapkan bahkan melebihi target sebesar 75%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...