Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Metode Problem Based Learning Pada Kelas XI ATPH SMKN 7 Konawe Selatan Sulawesi Tenggara

Mundariyah, Mundariyah (Unknown)
Sukainah, Andi (Unknown)
Herawaty, Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang peningkatan keaktifan belajar siswa melalui metode problem based learning. Penelitian ini dilakukan di SMKN 7 Konawe Selatan, Kabupaten Konawe Selatan, Propinsi Sulawesi Tenggara dengan objek penelitian 11 siswa kelas XI Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura tahun ajaran 2020/2021. Penelitian dilakukan dengan tiga tahap siklus. Hasil penelitian menunjukkan hasil porsentase ketuntasan belajar siswa 72,73% pada siklus I, pada siklus II sebesar 81,82%, dan pada siklus III 90,91%. Keaktifan belajar siswa menunjukkan peningkatan dari setiap siklus pembelajaran. Dengan demikian, dapat dikatakan menggunakan metode problem based learning terbukti meningkatkan keaktifan belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...