Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi dan sikap pada siswa kelas X Sosial MAN Pinrang. Penelitian kuasi-eksperimental sebagai desain dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan di dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sosial MAN Pinrang tahun ajaran 2021-2022. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis, angket, dan lembar observasi. Data yang diperoleh melalui tes dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil tes menulis siswa menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa kelompok eksperimen meningkat secara signifikan. Rata-rata skor kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol (76,18 60,32). Nilai post-test t-test siswa menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak (5,039 1,685). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan mind mapping secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa. Peneliti menemukan bahwa siswa memiliki sikap positif terhadap penggunaan mind mapping. Hal ini dibuktikan dengan data angket bahwa skor rata-rata sikap siswa adalah 85,16 dengan kategori sangat tinggi.
Copyrights © 2022