Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penggunaan Teknik Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi pada Siswa Kelas X Sosial MAN Pinrang Sulawesi Selatan

Nurlailah, Nurlailah (Unknown)
Amin, Fatimah Hidayahni (Unknown)
Nawir, Nurdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknik mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi dan sikap pada siswa kelas X Sosial MAN Pinrang. Penelitian kuasi-eksperimental sebagai desain dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan di dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sosial MAN Pinrang tahun ajaran 2021-2022. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis, angket, dan lembar observasi. Data yang diperoleh melalui tes dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil tes menulis siswa menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa kelompok eksperimen meningkat secara signifikan. Rata-rata skor kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol (76,18 60,32). Nilai post-test t-test siswa menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak (5,039 1,685). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan mind mapping secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi pada siswa. Peneliti menemukan bahwa siswa memiliki sikap positif terhadap penggunaan mind mapping. Hal ini dibuktikan dengan data angket bahwa skor rata-rata sikap siswa adalah 85,16 dengan kategori sangat tinggi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...