Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Pengaruh Praktik Pembelajaran IPS Menggunakan Model PBL di SMP Negeri 03 Bengkulu Utara Bengkulu

Jaya, Karno (Unknown)
Said, Muh (Unknown)
Wahyuningsih, Wahyuningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Berdasarkan pengamatan pada proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII SMP Negeri 03 Bengkulu Utara terdapat masalah yang menyebabkan hasil belajar masih rendah yaitu pembelajaran hanya berpusat pada guru. Persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I hanya sebesar 63%,siswa kurang termotivasi, maka perlu perbaikan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini meningkatkan hasil belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 3 siklus, tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 03 Bengkulu Utara berjumlah 24 siswa tahun ajaran 2021-2022. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar, dengan persentase ketuntasan belajar klasikal hanya 63% di siklus I meningkat 83% pada silus II dan mencapai 96% pada siklus III. Berdasarkan hasil peneltian penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial materi perbedaan agama kelas VIII SMP Negeri 03 Bengkulu Utara.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...