Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Kemampuan Speaking Serta Mengatasi Learning Loss Melalui Metode Talking STICK Pada Siswa Kelas Viii Smp Islam Tande pada PTM Terbatas Majane Sulawesi Barat

Gazali, Gazali (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Talking Stick pada masa Pertemuan Tatap Muka(PTM) Terbatas dapat meningkatkan kemampuan Speaking siswa serta dapat mengatasi siswa yang mengalami learning loss. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Islam Tande pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 23 orang. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 05 Juli 2021 sampai dengan tanggal 20 September 2021 dengan menggunakan 3 siklus. Sebelum melaksanakan setiap tahapan kegiatan PPL terlebih dahulu dilakukan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, dan alat penilaian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi. Dari hasil kegiatan PPL, secara umum dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan speaking siswa serta keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode Talking Stick

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...