Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga Melalui Metode Problem Based Learning pada Kelas XI SMKN 2 Tanah Grogot Kab. Paser Kalimantan Timur

S, Hendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Mengajar merupakan upaya yang dilakukan oleh guru untuk membantu siswa belajar. Dalam proses pembelajaran, peserta didik yang menjadi subyek, dialah pelaku kegiatan belajar. Agar peserta didik berperan sebagai pelaku kegiatan belajar, maka pendidik hendaknya merencanakan pembelajaran yang menuntut siswa banyak melakukan aktivitas belajar sendiri atau mandiri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar chasis dan Sistem Pemindah Tenaga melalui penerapan Model Problem Based Learning , siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Tanah Grogot. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK atau classroom action research merupakan penelitian yang bersifat aplikasi (terapan), terbatas, segera, dan hasilnya untuk memperbaiki dan menyempurnakan program pembelajaran yang sedang berjalan. Subjek penelitian adalah Peserta didik kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Tanah Grogot Tahun Ajaran 2021/2022, sebanyak 24 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode (1) observasi. Data yang didapatkan melalui metode observasi adalah data tentang aktivitas belajar Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning dalam mata pelajaran Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga khususnya di kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Tanah Grogot dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Chasis dan Sistem Pemindah Tenaga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...