Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together di kelas VIII SMPN 3 Palembayan Kabupaten Agam Sumatera Barat

Amin Hoteb (IPS SMP Negeri 3 Palembayan Agam Sumatera Barat)
Muhammad Zulfadli (Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan)
Andi Tenri Sumpala (SMP Negeri 1 Makassar Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Pemahaman konsep materi IPS harus dikuasai oleh siswa untuk dikembangkan menjadi berbagai kemampuan dan keterampilan yang berkaitan dengan kehidupan nyata. Idealnya pembelajaran IPS memberi kesempatan bagi siswa untuk berpikir logis serta kritis untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan baik disekolah maupun kehidupan bermasyarakat. Untuk itu, penanaman konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat dan lingkungannya perlu dipertajam menjadi kemampuan dan keterampilan berkomunikasi, bekerja sama dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk. Salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan dapat ditempuh melalui penggunaan model pembelajaran yang mampu meningkatkan semangat belajar siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas VIII SMP Negeri 3 Palembayan . Dalam pelaksanaan penelitian ini peneliti melaksanakan tindakan bersama satu orang teman sejawat yang berlaku sebagai observer. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik observasi yang dilakukan dalam dua siklus yang masing-masingnya terdiri dari satu kali pertemuan. Observasi ini terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil observasi setiap siklus dianalisis dengan cara melihat nilai yang diperoleh dari tes yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian ini menggambarkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...