Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Metode Pembelajaran Stimulus Respons berpengaruh terhadap pembelajaran talking about self siswa dalam bahasa Inggris? (b) Seberapa tinggi tingkat berhasilnya pembelajaran talking about self dengan diterapkannya Metode Stimulus Response?Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui seberapa tinggi pengaruh Metode Pembelajaran Stimulus Response terhadap pembelajaran talking about self dalam Bahasa Inggris. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dalam pembelajaran talking about self siswa dalam Bahasa Inggris setelah diterapkannya Metode Pembelajaran Stimulus Response. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refieksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Cikedung. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II yaitu, siklus I (48%), siklus II (80%). Simpulan dari penelitian ini adalah Metode Pembelajaran Stimulus Response dapat berpengaruh positif terhadap pembelajaran talking about self di SMK Negeri 1 Cikedung, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Inggris
Copyrights © 2022