Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Metode Diskusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Media Puzzle pada Materi Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia di Kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Pangaribuan Kab. Tapanuli Utara Sumatera Utara

Sanni Sirait (SMP Negeri 1 Pangaribuan Kab. Tapanuli Utara Sumatera Utara)
Muhammad Zulfadli (Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar Sulawesi Selatan)
Andi Tenri Sumpala (SMP Negeri 2 Makassar Sulawesi Selatan)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia kelas VIII-5 masih rendah, disebabkan karena Guru monoton menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Problem Based Learning metode Diskusi dengan media Puzzle pada Materi Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan memberikan tindakan dalam dua siklus pembelajaran yang terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Pangaribuan. Hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil posttest, sedangkan hasil belajar afektif diperoleh dari lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model model Problem Based Learning metode diskusi dengan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar afektif siswa dan motivasi siswa dimana pada siklus I pembelajaran dinilai 45% termasuk dalam kategori rendah meningkat 60% pada siklus II dan mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 80%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning metode diskusi dengan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar afektif dan motivasi siswa pada materi Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia di kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Pangaribuan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...