Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Discovery Learning Pada Pembelajaran IPS Terpadu di SMP Swasta Yapendak Tinjowan Kab. Simalungun Sumatera Utara

Wulandari, Suci (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2022

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa akibat dari kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPS. Salah satu penyebab nya adalah karena pembelajaran berpusat pada guru. Maka dari itu perlu dilakukan penelitian untuk melihat peningkatan aktivitas belajar siswa setelah dilakukan penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Swasta Yapendak Tinjowan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran setelah dilakukan penerapan model Discovery Learning. Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan siklus 1 (satu) dan siklus 2 (dua). Hasil penelitian dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dengan diterapkannya model Discovery Learning pada pembelajaran IPS. Dari hasil wawancara, 100 % siswa lebih suka dan memiliki minat belajar setelah diterapkannya model Discovery Learning, dan dari observasi di lapangan, siswa lebih meningkat aktivitasnya dari sebelumnya seperti bertanya, menanggapi dan menjawab masalah dalam pembelajaran IPS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...