Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 4 No. 2 (2022): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Dasar-dasar Budidaya Tanaman di Kelas XB3 Jurusan Agribisnis Perkebunan SMK Negeri 2 Luwu Timur Sulawesi Selatan

Nirawati, Nirawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Dasar-dasar Budidaya Tanaman di Kelas XB3 Jurusan Agribisnis Perkebunan SMK Negeri 2 Luwu Timur pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 terdiri dari 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar pada akhir siklus I, siklus II dan siklus III. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Dari hasil analisis kuantitatif hasil belajar kognitif dasar-dasar budidaya tanaman siswa diketahui bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I hanya 15% dan siklus II mencapai 50% dan siklus III 85%. atau ada peningkatan hasil belajar ATP kelas X B3 sebesar 35% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Dasar-dasar Budidaya Tanaman melalui penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa Dasar-dasar Budidaya Tanaman dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...