Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik melalui model Discovery Learning pada kurikulum merdeka. Penulisan artikel ini merupakan hasil Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) antara mahasiswa, dosen dan guru pamong. penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran di UPT SPF SMPN 18 Makassar menggunakan tahapan lesson study yaitu plan, do, see. Hasil belajar kognitif peserta didik dalam siklus I menunjukkan ketuntasan hasil belajar sebesar 53,5% dengan rata-raa 67,7. Sehingga belum mencapai ketuntasan belajar yang optimal. Pada siklus II penelitian dilanjutkan berdasarkan perbaikan sesuai kritik dan saran sehingga ketuntasan hasil belajr yang diperoleh setelah pembelajaran meningkat menjadi 82% dengan rata-rata 83,2. Hal ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran discovery learning pada materi Campuran dan struktur bumi dan perkembangannya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2024