Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP Negeri 18 Makassar melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbasis TaRL. Model pembelajaran discovery learning adalah model pembelajaran yang dapat melatih peserta didik mengoptimalkan kemampuannya dalam memecahkan masalah. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII 2 SMP Negeri 18 Makassar tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri 29 peserta didik. Penelitian ini merupakan proses pengkajian melalui sistem berdaur yang meliputi beberapa tahap, yaitu: pengembangan fokus masalah penelitian, perencanaan tindakan perbaikan, pelaksanaan tindakan perbaikan, analisis dan refleksi, serta perencanaan tindak lanjut. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran yang menggunakan model discovery learning mulai dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Skor ketuntasan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siklus 1, 2, dan 3 secara berturut-turut yaitu 34%, 52% dan 79%.
Copyrights © 2024