Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik menggunakan model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas VII.1 UPT SMP Negeri 3 Alla. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 3 Alla yang berjumlah 25 peserta didik. Penelitian ini memuat 2 siklus di dalamnya dengan target motivasi pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2 ialah motivasi peserta didik dalam kategori rendah, tinggi dan sangat tinggi sedangkan pada hasil belajar yaitu nilai KKM kelas pada siklus 1 dan siklus 2 ialah 75. Hasil penelitian motivasi pada siklus 1 adalah 2 peserta didik katergori sangat tinggi, 13 peserta didik kategori tinggi, 8 peserta didik kategori rendah dan 2 peserta didik lainnya kategori sangat rendah. Pada siklus 2, motivasi belajar 10 peserta didik kategori sangat tinggi, 12 peserta didik kategori tinggi dan 3 peserta didik kategori rendah. Hasil belajar peserta didik siklus 1, 11 peserta didik mencapai tuntas atau 44% dan 14 peserta didik tidak tuntas atau 56%. Pada siklus 2 16 peserta didik dikatakan tuntas atau 64% dan 9 dikatakan tidak tuntas atau 36%. Berdasarkan hasil penelitian, model discovery learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023