Penelitian ini bertujuan untuk melihat eskalasi keterampilan komunikasi (lisan, tulisan, dan interpersonal) peserta didik dalam pembelajaran Biologi melalui penerapan kombinasi metode pembelajaran gallery walk dan flipped classroom collaborative learning pada kelas XI IPA 3 SMAN 13 Makassar T.P. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) dan dilaksanakan hingga 2 siklus penelitian. Rancangan penelitian ini mengacu pada pendekatan lesson study yang bertahap dari siklus satu ke siklus berikutnya. Tahapan dalam satu siklus meliputi: perencanaan (planning), pelaksanaan (do), pengamatan (see), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi untuk mengamati keterampilan komunikasi peserta didik selama proses tindakan pembelajaran. Observer berjumlah 3 Orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Rata-rata akumulasi keterampilan komunikasi pada awal siklus sebesar 64,83%, kemudian pada akhir siklus 1 sebesar 77,21%, sedangkan pada akhir siklus 2 sebesar 89,96%. Peningkatan sejak adanya perlakuan hingga akhir siklus 2 sebesar 25,13%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kombinasi metode gallery walk dan flipped classroom collaborative learning mampu mengeskalasi keterampilan komunikasi peserta didik pada kelas XI IPA 3 SMAN 13 Makassar T.P. 2022/2023.
Copyrights © 2023