Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Upaya Eskalasi Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Melalui Kombinasi Metode Gallery Walk dan Flipped Classroom Collaborative Learning

Emir Surya Kautsar (Unknown)
Andi Rahmat Saleh (Unknown)
Roni Wahyuda (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat eskalasi keterampilan komunikasi (lisan, tulisan, dan interpersonal) peserta didik dalam pembelajaran Biologi melalui penerapan kombinasi metode pembelajaran gallery walk dan flipped classroom collaborative learning pada kelas XI IPA 3 SMAN 13 Makassar T.P. 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif (PTKK) dan dilaksanakan hingga 2 siklus penelitian. Rancangan penelitian ini mengacu pada pendekatan lesson study yang bertahap dari siklus satu ke siklus berikutnya. Tahapan dalam satu siklus meliputi: perencanaan (planning), pelaksanaan (do), pengamatan (see), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi untuk mengamati keterampilan komunikasi peserta didik selama proses tindakan pembelajaran. Observer berjumlah 3 Orang. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Rata-rata akumulasi keterampilan komunikasi pada awal siklus sebesar 64,83%, kemudian pada akhir siklus 1 sebesar 77,21%, sedangkan pada akhir siklus 2 sebesar 89,96%. Peningkatan sejak adanya perlakuan hingga akhir siklus 2 sebesar 25,13%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kombinasi metode gallery walk dan flipped classroom collaborative learning mampu mengeskalasi keterampilan komunikasi peserta didik pada kelas XI IPA 3 SMAN 13 Makassar T.P. 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...