Tujuan dari penelitian yang dilakukan yaitu untuk mengetahui seberapa tinggi peningkatan nilai keterampilan proses sains peserta didik setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan mulai 16-23 Mei 2023 di SMP Negeri 9 Majene. Adapun subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VII B SMP Negeri 9 Majene yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian berupa lembar observasi KPS yang terdiri atar 9 indikator dengan skor 1-4. Data yang diperoleh pada setiap siklus dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan nilai rata-rata keterampilan proses sains peserta didik kelas VII B di SMPN 9 Majene pada setiap siklus. Dimana nilai rata-rata keterampilan proses sains peserta didik pada siklus 1 yaitu 34 (rendah), siklus 2 yaitu 43 (cukup), siklus 3 yaitu 43 (cukup), siklus 4 yaitu 61 (tinggi), dan siklus 5 yaitu 67 (tinggi). Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik kelas VII B di SMPN 9 Majene.
Copyrights © 2023