Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik

Amalia Safitri (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA Universitas Negeri Makassar)
Ramlawati (Prodi Pendidikan IPA Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)
Nur Rajemi Hasan (SMP Negeri 13 Makassar)
Nasmur MT Kohar (UPT SPF SMPN 7 Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap minat dan hasil belajar Peserta didik pada Pembelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Instrumen penelitian terdiri dari Modul Ajar, Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Discovery Learning, Asesmen, dan angket minat belajar serta tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan memberikan angket minat belajar pada tiap siklus. Angket minat terdiri atas 20 pernyataan berdasarkan aspek dan indikator minat belajar yang terdiri atas pernyataan positif dan negatif. Tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 5 nomor yang dibuat berdasarkan indikator pembelajaran setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diketahui bahwa penerapan model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan minat belajar peserta didik pada aspek rasa senang, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan dengan meningkatnya minat belajar Peserta didik maka hasil belajar Peserta didik juga ikut meningkat karena dengan adanya rasa senang, ketertarikan, perhatian dan keterlibatan Peserta didik dalam pembelajaran maka pembelajaran akan lebih bermakna dan dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...