Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media berbasis powerpoint yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Tinambung. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, yang di setiap akhir siklus dilakukan evaluasi. Pengumpulan data dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dengan subjek penelitian adalah peserta didik adalah kelas XI MIA 2 yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes hasil belajar peserta didik. Teknis analisis data menggunakan analisis deksriftif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model PBL dengan bantuan media power point dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, dengan mengikuti langkah-langkah, yaitu (1) orientasi siswa pada masalah menggunakan video atau slide power point, (2) mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, (3) membantu penyelidikan individual maupun kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Persentase peningkatan hasil belajar peserta didik dilihat dari hasil belajar siklus I sebesar 61,3% dan pada siklus II meningkat menjadi 87% yang termasuk dalam kriteria tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dengan media berbasis powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Tinambung.
Copyrights © 2023