Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan keterampilan berkolaborasi siswa kelas XI MIPA 2 di SMAN 9 Makassar melalui penerapan pendekatan pembelajaran TaRL dan model PBL. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang berlangsung selama 2 siklus penelitian. Subyek penelitian terdiri dari 36 siswa yang berada di kelas XI MIPA SMAN 9 Makassar. Metode pengumpulan data melibatkan penggunaan angket keterampilan berkolaborasi untuk mengukur tingkat keterampilan siswa, lembar observasi untuk mengamati keterampilan berkolaborasi siswa selama proses pembelajaran dan post-test sebagai pendukung data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TaRL dengan model PBL berhasil meningkatkan keterampilan berkolaborasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I, keterampilan berkolaborasi mencapai presentase 69.86%, dan siklus II mencapai 82.50%.
Copyrights © 2023