Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Keterampilan Berkolaborasi Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran PBL Dengan Pendekatan TARL di kelas XI MIPA 2 di SMAN 9 Makassar

Ulil Ardi Syahdan (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Biologi Universitas Negeri Makassar)
Anwar Cece (SMA Negeri 9 Makassar)
Andi Rahmat Saleh (Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peningkatan keterampilan berkolaborasi siswa kelas XI MIPA 2 di SMAN 9 Makassar melalui penerapan pendekatan pembelajaran TaRL dan model PBL. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang berlangsung selama 2 siklus penelitian. Subyek penelitian terdiri dari 36 siswa yang berada di kelas XI MIPA SMAN 9 Makassar. Metode pengumpulan data melibatkan penggunaan angket keterampilan berkolaborasi untuk mengukur tingkat keterampilan siswa, lembar observasi untuk mengamati keterampilan berkolaborasi siswa selama proses pembelajaran dan post-test sebagai pendukung data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TaRL dengan model PBL berhasil meningkatkan keterampilan berkolaborasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I, keterampilan berkolaborasi mencapai presentase 69.86%, dan siklus II mencapai 82.50%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...