Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik Melalui Penggunaan Media Praktikum Virtual Phet Colorado di SMA Negeri 8 Bulukumba

Irfa Erfianah (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Fisika Universitas Negeri Makassar)
Hasbiyah H (SMA Negeri 8 Bulukumba)
Mutahharah Hasyim (Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2023

Abstract

Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik melalui penggunaan media praktikum virtual PHeT Colorado dalam proses pembelajaran fisika materi gelombang cahaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif yang subjek penelitiannya berjumlah 35 orang peserta didik kelas XI MIPA 1 SMAN 8 Bulukumba tahun ajaran 2022/2023. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa angket kemandirian belajar yang telah dikembangkan dan divalidasi oleh peneliti sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemandirian belajar peserta didik setelah melakukan dua siklus pembelajaran berbantukan PheT Colorado. Hasil tersebut terlihat dari peningkatan persentase jumlah peserta didik dengan kemandirian belajar kategori tinggi dari 22,85% menjadi 51,42% dan penurunan jumlah peserta didik dengan kategori kemandirian belajar yang rendah dari 42,85% menjadi 17,14%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...