Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IX MIPA 3 melalui model pembelajaran Project Based Learning. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Bone sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap tahun ajaran 2022/2023. Pelaksanaan penelitian dilakukan 3 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Data hasil belajar peserta didik di peroleh dari observasi selama siklus pembelajaran dan posttes di akhir masing-masing siklus. Pengolahan dan analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif. Berdasarkan analisis hasil penelitian yang diperoleh peningkatan hasil belajar aspek kognitif dengan selisih peningkatan ketuntasan sebesar 14 % pada setiap siklus, yakni siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III. Peningkatan hasil belajar pada aspek afektif dengan selisih peningkatan ketuntasan dari siklus I ke siklus II sebesar 17% dan peningkatan dari siklus II ke siklus III sebesar 19%. Hasil belajar psikomotorik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17% dan peningkatan sebesar 11% dari siklus II ke siklus III.
Copyrights © 2023