Motivasi belajar berperan signifikan dalam proses tercapainya tujuan pembelajaran dan juga mempegaruhi serta dipengaruhi oleh aspek kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik. Namun dalam praktiknya motivasi peserta didik masih tergolong rendah, terlihat dari aktifitas siswa saat pelaksanaan pembelajaran yang cenderung kurang fokus pada materi yang guru sampaikan. Pembelajaran berbasis proyek memotivasi siswa untuk belajar mandiri menemukan informasi sendiri dari berbagai sumber, seperti tim ahli, lingkungan sekitar, media dan internet. Siswa termotivasi bekerjasama dengan tim untuk menghasilkan ide-ide kreatif yang kemudian diwujudkan dalam suatu produk. Pembelajaran proyek ini juga melatih agar siswa berpikir kritis terhadap permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan materi biologi melalui tema-tema yang mereka pilih, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa mulai dari menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, dan mencipta. Penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIPA. Peneliti menggunakan model Kemmis dan Taggart sebagai desain PTK meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Melalui observasi, tes, dan dokumentasi, peneliti melakukan pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Copyrights © 2023