Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Model PJBL Berbantuan Media Interaktif Canva

Irma Lestari Syukur (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Biologi Universitas Negeri Makassar)
Yusminah Hala (Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)
Fatmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2023

Abstract

Motivasi belajar berperan signifikan dalam proses tercapainya tujuan pembelajaran dan juga mempegaruhi serta dipengaruhi oleh aspek kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik. Namun dalam praktiknya motivasi peserta didik masih tergolong rendah, terlihat dari aktifitas siswa saat pelaksanaan pembelajaran yang cenderung kurang fokus pada materi yang guru sampaikan. Pembelajaran berbasis proyek memotivasi siswa untuk belajar mandiri menemukan informasi sendiri dari berbagai sumber, seperti tim ahli, lingkungan sekitar, media dan internet. Siswa termotivasi bekerjasama dengan tim untuk menghasilkan ide-ide kreatif yang kemudian diwujudkan dalam suatu produk. Pembelajaran proyek ini juga melatih agar siswa berpikir kritis terhadap permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan materi biologi melalui tema-tema yang mereka pilih, sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa mulai dari menganalisis, mensintesis, mengevaluasi, dan mencipta. Penelitian dilakukan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas XI MIPA. Peneliti menggunakan model Kemmis dan Taggart sebagai desain PTK meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Melalui observasi, tes, dan dokumentasi, peneliti melakukan pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...