Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Pembelajaran Kahoot dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 1 Majene

Nurul Anisa (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Biologi Universitas Negeri Makassar)
Andi Rahmat Saleh (Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)
Arsiah Sudirman (SMA Negeri 1 Majene)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media pembelajaran Kahoot dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X MIPA 1 di SMA Negeri 1 Majene. Jenis penelitian yang digunakan adalan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan di dalam kelas. Adapun yang menjadi subjek dari penelitian ini adalah siswa di kelas X MIPA 1 semester genap tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 34 orang. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus pembelajaran dengan teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Kahoot pada mata pelajaran biologi dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari minat belajar siswa pada siklus 1 sebanyak 88,21% dan siklus 2 sebanyak 89,41% dimana kedua angka tersebut masuk dalam kategori tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...