Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Mamasa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media Quizizz. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Mamasa yang berjumlah 36 orang. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan rencana tindak lanjut. Data dikumpulkan menggunakan metode tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar setiap siklusnya. Pada siklus I dan siklus II berhasil meningkatkan persentase ketuntasan peserta didik pada pra-siklus 22% menjadi 70% dan 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media Quizizz dalam pembelajaran kimia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023