Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik

Fouri Ekadiani (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Kimia Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Anwar (Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)
Sarce (SMA Negeri 1 Mamasa)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Mamasa melalui penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan media Quizizz. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Mamasa yang berjumlah 36 orang. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan rencana tindak lanjut. Data dikumpulkan menggunakan metode tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar setiap siklusnya. Pada siklus I dan siklus II berhasil meningkatkan persentase ketuntasan peserta didik pada pra-siklus 22% menjadi 70% dan 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan media Quizizz dalam pembelajaran kimia dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...