Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Wordwall untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI SMA

Sri Rahayu Lestari (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Biologi Universitas Negeri Makassar)
Andi Rahmat Saleh (Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)
Muchtar Muchtar (UPT SMAN 1 Soppeng)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI.5 UPT SMAN 1 Soppeng melalui penggunaan media pembelajaran berbasis game Wordwall. Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas XI.5 yang berjumlah 34 orang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data motivasibelajar dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dan data hasil belajar peserta didik dikumpulkan melalui tes. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terjadi peningkatan motivasi belajar Biologi peserta didik kelas XI.5 UPT SMAN 1 Soppeng dimana rata-rata motivasi belajar peserta didik di siklus I sebesar 63,9 % sedangkan pada siklus II rata-rata motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 73,4%; 2) terjadi peningkatan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI.5 UPT SMAN 1 Soppeng dari siklus I sebesar 66,3 menjadi 75,6 di siklus II

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...