Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI.5 UPT SMAN 1 Soppeng melalui penggunaan media pembelajaran berbasis game Wordwall. Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas XI.5 yang berjumlah 34 orang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan permasalahan yang terjadi di kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data motivasibelajar dikumpulkan melalui angket motivasi belajar dan data hasil belajar peserta didik dikumpulkan melalui tes. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terjadi peningkatan motivasi belajar Biologi peserta didik kelas XI.5 UPT SMAN 1 Soppeng dimana rata-rata motivasi belajar peserta didik di siklus I sebesar 63,9 % sedangkan pada siklus II rata-rata motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi 73,4%; 2) terjadi peningkatan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI.5 UPT SMAN 1 Soppeng dari siklus I sebesar 66,3 menjadi 75,6 di siklus II
Copyrights © 2023