Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan mengetahui peningkatan hasil belajar kimia peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media canva. Penelitian ini berjumlah atas 2 siklus dimana setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan. Sasaran dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X Ibrahim Tulle SMAN 3 Takalar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa minat dan hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 dengan rincian rata-rata skor minat peserta didik pada siklus 1 sebesar 3,30 dengan kategori sedang dan siklus 2 sebesar 3,73 dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik pada siklus 1 sebesar 74,54 dan pada siklus 2 sebesar 88,73, dengan peningkatan sebesar 13,92. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Canva dapat meningkatkan minat dan hasil belajar kimia peserta didik kelas X Ibrahim Tulle SMAN 3 Takalar.
Copyrights © 2023