Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Ibrahim Tulle

Nanda Sri Aulia (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Kimia Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Anwar Anwar (Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)
Irmawati Fatwa Irma (SMA Negeri 3 Takalar)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan mengetahui peningkatan hasil belajar kimia peserta didik melalui penerapan model Problem Based Learning berbantuan media canva. Penelitian ini berjumlah atas 2 siklus dimana setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan. Sasaran dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X Ibrahim Tulle SMAN 3 Takalar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa minat dan hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 dengan rincian rata-rata skor minat peserta didik pada siklus 1 sebesar 3,30 dengan kategori sedang dan siklus 2 sebesar 3,73 dengan kategori tinggi. Sedangkan untuk hasil belajar peserta didik pada siklus 1 sebesar 74,54 dan pada siklus 2 sebesar 88,73, dengan peningkatan sebesar 13,92. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Canva dapat meningkatkan minat dan hasil belajar kimia peserta didik kelas X Ibrahim Tulle SMAN 3 Takalar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...