Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning melalui aktifitas Two stay two stray (TSTS). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tana Toraja di kelas X-2 semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 subjek berjumlah 36 Peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning Melalui aktivitas TSTS. Data akitivitas belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasi Data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Data aktivitas siswa secara individu dianalisis berdasarkan presentase kemunculan tiap item aktivitas belajar yang dilakukan siswa selama proses pembelajaran. Sedangkan untuk mengukur data hasil belajar siswa digunakan metode tes berupa butir- butir soal sesuai dengan pokok bahasan yang telah diberikan. Tes diberikan pada setiap akhir pembelajaran. Penerapan model pembelajaran discovery learning melalui aktivitas TSTS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X-2 SMA Negeri 1 Tana Toraja semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dari 74% dalam kategori cukup aktif pada siklus I menjadi 84% atau berada pada kategori sangat aktif pada siklus II. Penerapan model pembelajaran discovery learning juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X-2 SMA Negeri 1 Tana Toraja semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan persentase rata-rata rata-rata hasil belajar siswa dari 53% dalam kategori kurang baik pada siklus I menjadi 89 % atau berada pada kategori sangat baik pada siklus II.
Copyrights © 2023