Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learnig Melalui Aktivitas Two Stay Two Stray (TSTS) dalam Meningkatkan Mktivitas dan hasil Belajar Peserta Didik

Indriani Limbong Langi' (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Biologi Universitas Negeri Makassar)
Andi Rahmat Saleh (Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)
Selvina Janti Pangloli (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning melalui aktifitas Two stay two stray (TSTS). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tana Toraja di kelas X-2 semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 subjek berjumlah 36 Peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning Melalui aktivitas TSTS. Data akitivitas belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasi Data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Data aktivitas siswa secara individu dianalisis berdasarkan presentase kemunculan tiap item aktivitas belajar yang dilakukan siswa selama proses pembelajaran. Sedangkan untuk mengukur data hasil belajar siswa digunakan metode tes berupa butir- butir soal sesuai dengan pokok bahasan yang telah diberikan. Tes diberikan pada setiap akhir pembelajaran. Penerapan model pembelajaran discovery learning melalui aktivitas TSTS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X-2 SMA Negeri 1 Tana Toraja semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dari 74% dalam kategori cukup aktif pada siklus I menjadi 84% atau berada pada kategori sangat aktif pada siklus II. Penerapan model pembelajaran discovery learning juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi kelas X-2 SMA Negeri 1 Tana Toraja semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan persentase rata-rata rata-rata hasil belajar siswa dari 53% dalam kategori kurang baik pada siklus I menjadi 89 % atau berada pada kategori sangat baik pada siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...