Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik dalam Persiapan Menikah dan Berkeluarga melalui Layanan Bimbingan Klasikal Kelas X

Alfiyyah Nabilah (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Makassar)
Suciani Latif (Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar)
Satriani Anwar (SMA Negeri 17 Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil dari pengimplementasian layanan bimbingan klasikal dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dalam persiapan menikah dan berkeluarga. Model penelitiaan yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling, yang dimana model penelitian ini digunakan untuk mengetahui efektifitas dari sebuah layanan didalam kelas. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dalam satu siklus terdapat tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Bentuk penelitian tindakan bimbingan konseling yang dilaksanakan berupa pemberian layanan klasikal dengan metode project based learning. Hasil dari project yang dibuat oleh pesera didik di presentasikan didepan kelas. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X.8 di SMA Negeri 17 Makassar. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa ada peningkatan pemahaman peserta didik dalam persiapan menikah dan berkeluarga yang dapat dilihat dari hasil presentasi masing-masing peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...