Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2023): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X di SMAN 2 Makassar pada Materi Peranan Virus

Nurazizah Nurazizah (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Biologi Universitas Negeri Makassar)
Abd. Muis (Universitas Negeri Makassar)
Abdul Hajar (SMAN 2 Makassar)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Permasalahan motivasi belajar rendah merupakan hasil dari observasi yang telah dilakukan pada peserta didik kelas X di SMAN 2 Makassar. Oleh karena itu, dilakukan penelitian berupa tindakan kelas (action research) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Salah satu hal yang dapat diterapkan adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhasn belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran PjBL pada materi peranan virus. Penilitan dilakukan dalam dua siklus yang masing - masingnya terdiri dari 2 pertemuan. Model pembelajaran dilakukan dengan beberapa langkah dan memberikan hasil abhwal PjBL terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar sebesar 8%. Siklus 1 sebesar 75% dan meningkatn menjadi 83% pada siklus 2. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model PjBl mampu meningkatkan motivasi belaajr peserta didik kelas X di SMAN 2 Makassar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...