Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 1 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Filosofi Pendidikan yang Menginspirasi: Strategi Guru Prajabatan dalam Membangun Kemandirian dan Kreativitas Siswa

Rifka Annisa (PPG Prajabatan Biologi Universitas Negeri Makassar)
Ismail (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2024

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi implementasi filosofi pendidikan yang menginspirasi oleh guru prajabatan dalam membentuk kemandirian dan kreativitas siswa. Dengan menelusuri konsep-konsep filosofis seperti humanisme, progresivisme, dan konstruktivisme, serta melibatkan penelitian tindakan dan studi literatur, artikel ini memberikan gambaran tentang bagaimana guru prajabatan dapat menjadi agen perubahan dalam pendidikan yang mendorong pengembangan pribadi dan kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman mendalam guru prajabatan terhadap konsep filosofis dan efektivitas strategi pembelajaran dalam merangsang kemandirian dan kreativitas siswa. Artikel ini diakhiri dengan penekanan pada peran kunci guru prajabatan dalam membawa filosofi pendidikan ke dalam kelas, memberikan inspirasi bagi praktisi pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...