Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 2 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPA Peserta Didik dengan Menggunakan Bantuan Alat Peraga Solar System Tata Surya

Darmawati (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA Universitas Negeri Makassar)
Mutahharah Hasyim (Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)
Asri (SMPN 6 Makassar)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ialah mengenai rendahnya minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPA khususnyapada materi bumi dan tata surya di kelas VII I SMP Negeri 6 Makassar. Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk menilai keefektifan dari bantuan alat peraga solar system tata surya yang digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui peningkatan yang dicapai oleh siswa pada setiap siklus pembelajaran dengan menggunakan bantuan alat eperaga solar system tata surya. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dari hasil analisis yang telah dilakukan maka didapatkan data bahwa Setiap siklus mencatat peningkatan minat belajar siswa, pada tahap prasiklus yang berada dalam kategori sangat kurang itu berjumlah 1 orang kemudian pada tahap siklus 1 dan 2 yang berada dalam kategori sangat kurang itu sudah tidak ada. Pada tahap prasiklus yang berada dalam kategori kurang itu berjumlah 9 orang kemudian pada tahap siklus 1 dan 2 sudah mulai berkurang yaitu masing-masing berjumlah 7 dan 3 orang. Pada tahap prasiklus yang berada dalam kategori cukup itu berjumlah 23 orang kemudian pada tahap siklus 1 dan 2 sudah mulai berkurang yaitu masing-masing berjumlah 16 dan 5 orang. Pada tahap prasiklus yang berada dalam kategori tinggi itu berjumlah 5 orang kemudian pada tahap siklus 1 dan 2 sudah mulai bertambah yaitu masing-masing berjumlah 13 dan 19 orang. Pada tahap prasiklus yang berada dalam kategori sangat tinggi itu tidak ada sedangkan pada tahap siklus 1 dan 2 sudah mulai bertambah yaitu masing-masing berjumlah 2 dan 11 orang. Kemudian hasil analisis N-Gain berdasarkan posteset dan pretese juga mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,3 dan berada dalam kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...