Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 2 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 7 Makassar Menggunakan Metode Game Based Learning

Deni Aldian (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan IPA Universitas Negeri Makassar)
Nasmur MT Kohar (SMPN 7 Makassar)
Pariabti Palloan (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan utama dari penelitin ini adalah meningkatkan motivasi belajar peserta didik di kelas VII.1 SMP Negeri 7 Makassar. Tindakan yang diambil adalah menerapkan metode pembelajaran Game Based Learning dengan fokus utama pada peningkatan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA. Penelitian dilaksanakan dari minggu pertama bulan Mei hingga minggu terakhir bulan Mei pada tahun ajaran 2023-2024, dengan jumlah peserta didik sebanyak 24, terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Data diperoleh dari dokumen peserta didik dan hasil angket untuk mengukur peningkatan motivasi belajar. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dengan setiap siklus melibatkan pemberian angket motivasi belajar IPA kepada peserta didik untuk mengevaluasi peningkatan motivasi belajar mereka. Desain penelitian Tindakan kelas ini menggunakan Desain penelitian tindakan kelas yang disarankan oleh Kurt Lewin. Model penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat tahap utama: Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan motivasi belajar dari prasiklus, siklus I hingga sikus II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...