Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 2 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative The Learning Cell Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 6 Bulu-Bulu Kabupaten Pangkaje’ne dan Kepulauan

Andi Paida (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Fahmi Hidayat (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Fajriahsari Sullaisah (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Hasrita (Universitas Muhammadiyah Makassar)
St. Aminah (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Aktivitas dan hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan Model pembelajaran cooperative the learning cell dan pembelajaran konvensional serta menganalisis pegaruh penerapan Model pembeelajaran cooperative the learning cell terhadap Aktivitas dan hasil belajar IPA peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 6 Bulu – Bulu . Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis true eksperimental desaign dengan desain penelitian Posttest only Control desain. Sampel penelitian sebanyak 52 siswa terdiri dari 26 siswa kelompok eksperimen dan 26 orang kelas kontrol. Teknik pengmpulan data kemampuan hasil belajar siswa menggunakan tes, aktivitas siswa dan respon siswa. (1) Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model pembelajaran cooperative the learning cell lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Indikator hasil belajar siswa pada penelitian ini adalah Skor rata-rata hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan (posttest) adalah 82,08 dengan standar deviasi 8,265, sedangkan rata – rata hasil belajar IPA untuk kelas kontrol adalah 77,38 dengan standar deviasi 6,634. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa 25 siswa (96,15%) mampu mencapai nilai ketuntasan dan 1 siswa (3,85%) tidak mencapai nilai ketuntasan yang berarti bahwa ketuntasan belajar secara klasikal telah tercapai, ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal telah tercapai hasil analisis inferensial juga menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar memenuhi kriteria ketuntasan dengan nilai p-value > 0,532 yang berarti ditolak yakni rata – rata hasil belajar posttest lebih dari 69,99. (2) Aktivitas siswa yang terlibat aktif pada kelas eksperimen dalam pembelajaran yaitu 83,64%. (3) Rata-rata persentase siswa yang merespon positif pada kelas eksperimen terhadap pembelajaran yaitu 85,31 %. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui penerapan Model pembelajaran cooperative the learning cell terdapat pengaruh positif pada siswa kelas IV Sekolah Negeri 6 Bulu - Bulu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...