Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran
Vol. 6 No. 3 (2024): JURNAL PEMIKIRAN DAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN (JP-3)

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikukulum Merdeka di UPT SMAN 17 Luwu Utara

Herman (Universitas Negeri Makassar)
Arismunandar (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di UPT SMAN 17 Luwu Utara dalam kerangka Kurikulum Merdeka. Program P5 dirancang untuk membentuk karakter siswa yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila, mencakup dimensi spiritualitas, kemandirian, gotong royong, kebinekaan global, kemampuan berpikir kritis, dan kreativitas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan P5 mampu menciptakan pembelajaran yang aktif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Namun, terdapat tantangan terkait keterbatasan sumber daya manusia dan fasilitas. Oleh karena itu, disarankan untuk meningkatkan program melalui pelatihan guru dan penyediaan sarana pendukung yang memadai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran (JP-3) merupakan media publikasi karya ilmiah yang diterbitkan oleh Rayhan Intermedia. Jurnal ini diterbitkan dalam rangka untuk mempromosikan dan menyebarluaskan pengetahuan serta teknologi yang berhubungan dengan pembelajaran dan dunia pendidikan ...