Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional
Vol. 2 No. 2 (2024): JIPNAS - Agustus

Inovasi Dalam Perencanaan Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Minat Siswa

Salma (Unknown)
Nurvadilla Moogangga (Unknown)
Aditya Nusi (Unknown)
Dimastian Hamsah (Unknown)
Abdul Haidar Palowa (Unknown)
Abdul Majir (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Inovasi dalam perencanaan pembelajaran sejarah menjadi penting dalam upaya meningkatkan minat siswa terhadap materi pelajaran yang sering dianggap monoton dan kurang menarik. Artikel ini membahas berbagai metode inovatif yang dapat diterapkan guru dalam merancang pembelajaran sejarah yang lebih interaktif, relevan, dan bermakna bagi siswa. Melalui pendekatan seperti pembelajaran berbasis proyek, penggunaan media digital, serta integrasi cerita dan pengalaman langsung, diharapkan siswa dapat lebih terlibat secara aktif dan memiliki ketertarikan yang lebih tinggi terhadap mata pelajaran sejarah. Kajian ini menggunakan metode studi pustaka dan wawancara dengan guru-guru sejarah sebagai subjek untuk menggali pengalaman dan efektivitas pendekatan yang inovatif. Hasilnya menunjukkan bahwa inovasi dalam perencanaan pembelajaran sejarah berpotensi besar untuk membangun minat siswa dan meningkatkan pemahaman mereka terhadap peristiwa sejarah serta relevansinya dalam konteks masa kini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipnas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS) adalah publikasi yang memuat hasil-hasil penelitian dan kajian kritis tentang berbagai aspek dari pendidikan, termasuk teori, metodologi, dan aplikasi. Isi jurnal ilmu pendidikan bisa meliputi berbagai topik, seperti pembelajaran, kepemimpinan pendidikan, ...