Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional
Vol. 2 No. 2 (2024): JIPNAS - Agustus

Peran Guru Sejarah Sebagai Profesi Yang Membentuk Peradaban Dan Sumber Daya Manusia Yang Maju

Dicky Fadlan Hafiz Pulukadang (Unknown)
Moh. Imron Rosidi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji guru sejarah sebagai profesi yang akan membentuk peradaban dan sumber daya manusia yang maju. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan dua pendekatan yaitu studi kasus dan studi literatur. Data ini saya dapat dari hasil observasi di sekolah menengah atas, beberapa buku maupun jurnal terbitan tahun 2000 hingga 2022 dan juga melihat beberapa berita di media online. Guru sejarah memiliki peran penting dalam pembentukan peradaban dan pengembangan sumber daya manusia yang maju. Melalui pengajaran sejarah, guru tidak hanya menyampaikan pengetahuan tentang masa lalu, tetapi juga membentuk pemahaman kritis terhadap dinamika sosial, politik, dan budaya. Artikel ini mengeksplorasi bagaimana guru sejarah berkontribusi dalam menciptakan generasi yang memiliki kesadaran historis, kemampuan berpikir analitis, dan sikap toleran. Selain itu, artikel ini membahas tantangan yang dihadapi oleh guru sejarah di era globalisasi dan digitalisasi, serta strategi inovatif untuk meningkatkan kualitas pengajaran. Dengan menekankan pentingnya profesi guru sejarah, artikel ini menyoroti peran strategis mereka dalam membentuk peradaban yang berkelanjutan dan mempersiapkan sumber daya manusia yang kompeten dan berwawasan luas untuk menghadapi tantangan masa depan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipnas

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan Nasional (JIPNAS) adalah publikasi yang memuat hasil-hasil penelitian dan kajian kritis tentang berbagai aspek dari pendidikan, termasuk teori, metodologi, dan aplikasi. Isi jurnal ilmu pendidikan bisa meliputi berbagai topik, seperti pembelajaran, kepemimpinan pendidikan, ...