Bentuk kesantunan berbahasa secara verbal ditemukan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan parameter tindak tutur santri dan ustazah pada pembelajaran Amsilati di Pesantren Darussalam dengan menggunakan teori Grice. Data diambil dari tuturan santri dan ustazah pada saat pembelajaran Amsilati berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode deskripstif kualitatif dengan teknik observasi. Adapun pengumpulan data melalui pengamatan, penglihatan, pendengaran dan terlibat secara langsung dengan penutur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (2) data berbentuk pelanggaran maksim kuantitas, (1) data mematuhi maksim kuantitas. (1) data pelanggaran maksim kualitas, dan (1) data mematuhi maksim kualitas. Kemudian (1) data mematuhi maksim relevansi, dan (1) data terakhir berupa pelanggaran maksim pelaksanaan. Hal tersebut menunjukkan lebih banyak pelanggaran yang dilakukan dari pada mematuhi prinsip kerja sama Grice.
Copyrights © 2020