cover
Contact Name
Mokh. Yahya
Contact Email
myahyaiainska@gmail.com
Phone
+6285726965279
Journal Mail Official
tabasajurnal@gmail.com
Editorial Address
Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta Jl. Pandawa, Pucangan, Kartasura Sukoharjo 57168, Jawa Tengah Indonesia
Location
Kab. sukoharjo,
Jawa tengah
INDONESIA
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya
ISSN : 27460789     EISSN : 27460770     DOI : https://doi.org/10.22515/tabasa
Core Subject : Education,
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya facilitates and disseminates scientific articles from academics, teachers, and observers of Indonesian language and literature which includes the following focus and scope. 1. Indonesian language and its development 2. Indonesian literature and its development 3. Teaching Indonesian 4. Teaching Indonesian literature 5. Teaching Indonesian to Foreign Speakers (BIPA) 6. Malay Language and Literature
Articles 75 Documents
Kontak Bahasa dan Bilingualisme: Keterancaman Vitalitas Bahasa Tunjung di Desa Ngenyan Asa, Kabupaten Kutai Barat Masfufah, Nurul
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i2.2589

Abstract

Tulisan ini mendeskripsikan bagaimana kondisi kontak bahasa dan bilingualisme di Desa Ngenyan Asa, Kabupaten Kutai Barat yang dapat mempengaruhi kebertahanan hidup atau vitalitas bahasa Tunjung. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket (kuesioner) dan wawancara. Adapun teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dengan model interaktif yang terdiri atas reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, ditemukan adanya kontak bahasa antarpenutur di Ngenyan Asa, yaitu bahasa Tunjung dengan Benuaq, Melayu Kutai, Banjar, Jawa, dan Indonesia. Penyebabnya, yaitu perpindahan penduduk, adanya buruh atau pekerja dari suku lain, adanya hubungan budaya yang dekat (suku Tunjung dan Benua), dan adanya kontak belajar di sekolah. Masyarakat penutur bahasa Tunjung di Desa Ngenyan Asa juga cenderung dwibahasawan atau bilingualisme. Mereka menguasai bahasa Tunjung, bahasa Indonesia, dan bahasa Benua. Adanya kontak bahasa dan bilingualisme ini dapat mengancam vitalitas bahasa Tunjung. Bahasa Tunjung dapat tergeser oleh penggunaaan bahasa Indonesia dan bahasa daerah lain yang dianggapnya lebih bergengsi, khususnya di kalangan generasi muda.  
Penerapan Metode Quantum: Bagaimana Siswa Menulis Teks Negosiasi? Muthowiatin, Aini Nur; Sutrimah, Sutrimah; Hasanudin, Cahyo
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i1.2590

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks negosiasi yang ditulis oleh siswa MA Al-Munawwar Kunci Dander Bojonegoro dengan menggunakan metode pembelajaran quantum. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus dengan jumlah subjek 25 siswa. Dari 25 siswa kemudian peneliti mengambil 7 siswa untuk diwawancarai dengan alasan teks negosiasinya sesuai dengan indikator. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data divaliditaskan dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan metode contact analysis yang dimulai dari 1). reduksi data, 2). penyajian data, 3). penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks negosiasi yang ditulis oleh siswa MA Al-Munawwar Kunci Dander Bojonegoro sesuai dengan teori Rahman dengan baik. Simpulan pada penelitian ini adalah metode pembelajaran quantum sangat tepat digunakan karena dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran di kelas.        
Flipped Classroom dan Aplikasi Schoology: Analisis Keterampilan Menulis Teks Biografi Arianti, Fitria Febri; Sutrimah, Sutrimah; Hasanudin, Cahyo
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i2.2591

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis teks biografi yang ditulis oleh siswa SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem dengan menggunakan flipped classroom dan aplikasi schoology. penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan studi kasus dengan jumlah subjek 22 siswa. Dari 22 siswa kemdian peneliti mengambil 4 siswa untuk diwawancarai dengan alasan teks biografi sesuai dengan indikator. Teknik pengumplan data menggunakan observasi, metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Data divaliditaskan dengan menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan metode contact analysis yang dimulai dari 1). reduksi data, 2). penyajian data, 3). penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menulis teks biografi yang ditulis oleh siswa SMA Muhammadiyah 3 Kedungadem sesuai dengan pedoman buku siswa bahasa Indonesia SMA/MA/SMK revisi 2017 dengan baik. Simpulan pada penelitian ini adalah flipped classroom dan aplikasi schoology sangat tepat digunakan karena dapat membuat siswa lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran, dan memberi pemahaman siswa jika situs online bisa digunakan sebagai pembelajaran yang menarik.
Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia Yulianto, Agus; Nuryati, Iis; Mufti, Afrizal
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i1.2596

Abstract

Character education is the most important asset in human life to shape the character of students. Character values in a novel's literary work can be used to shape the character of students. This study aims to analyze the values of character education in the novel Rumah Tanpa Jendela by Asma Nadia. This research is a qualitative research using descriptive analysis method. Data analysis techniques are carried out through data interpretation, reading the entire data, analyzing in more detail, applying the coding process to be described, restating in the narrative, and interpreting or interpreting data. The results of this study are the values of character education contained in the novel "House without Window" by Asma Nadia, namely religious, hard work, fond of reading, friendly, and responsible. Pendidikan karakter merupakan aset terpenting dalam kehidupan manusia untuk membentuk karakter peserta didik.  Nilai-nilai karakter dalam karya sastra sebuah novel dapat digunakan untuk membentuk karakter peserta didik. Karena pendidikan saat ini lebih cenderung pada ranah akademik atau kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asma Nadia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan sosiologi sastra serta teknik analisis isi. Teknik analisis data dengan menginterpretasikan data, membaca keseluruhan data, menganalisis lebih detail, menerapkan proses koding untuk dideskripsikan, menyajikan kembali dalam narasi, dan menginterpretasikan atau memaknai data. Hasil dari penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Rumah Tanpa Jendela karya Asmanadia yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yaitu religius, kerja keras, gemar membaca, bersahabat, dan tanggung jawab.
Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Status dan Komentar di Facebook Setiawan, Kodrat Eko Putro; Zyuliantina, Wixke
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i1.2605

Abstract

Kesalahan Berbahasa sering ditemukan dalam status dan komentar pada pengguna Facebook. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa berupa ejaan dalam status dan komentar pada facebook. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan simak dan catat. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara mengklasifikasi dan mengelompokkan. Hasil penelitian ini ialah kesalahan berbahasa pada status dan komentar dalam Facebook meliputi pembuatan akronim, penggunaan huruf miring, penggunaan huruf kapital, penggunaan kosakata, pembuatan singkatan, penyusunan kalimat, penulisan istilah, penulisan tanda tanya, penggunaan tanda titik, penggunaan tanda seru, penggunaan tanda koma, penggunaan tanda petik dan penulisan harga. Selain itu, kesalahan berbahasa lainnya berupa variasi bahasa gaul meliputi: bahasa Indonesia gaul bercampur bahasa Inggris; bahasa Indonesia gaul, bahasa Inggris, dan bahasa Jawa; bahasa Indonesia gaul, bahasa Inggris dan bahasa Mandarin.
Pola Karakteristik Ragam Bahasa Istilah pada Masa Pandemi Covid 19 (Coronavirus Disease 2019) Oktavia, Wahyu; Hayati, Nur
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i1.2607

Abstract

Istilah merupakan bentuk kata atau gabungan dari sebuah kata yang digunakan untuk mengungkapkan suatu konsep untuk mendapatkan suatu makna tertentu.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola karakteristik ragam bahasa istilah padamasa pandemi Covid 19.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dimana hasil analisisnya diuraikan dengan kata-kata melainkan bukan dalam bentuk angka.Subjek dalam penelitian ini menggunakan istilah-istilah baru yang ada padamasa pandemi Covid 19.Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pola karakteristik yang difokuskan pada ragam bahasa istilah Covid 19.Teknik yang digunakan yaitu teknik observasi dan penjaringan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 38 data pola karakteristik ragam bahasa istilah Covid 19 yang dianalisisdan kemudian diklasifikasikan menjadi 14data dalam bentuk bentuk bahasa Inggris, 9 data dalam bentuk sinonim, 10data dalam bentuk singkatan dan 5data dalambentuk akronim.
Parameter Tindak Tutur Santri dan Ustazah pada Pembelajaran Kitab Amsilati di Pesantren Darussalam Normalita, Aulia
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i2.2612

Abstract

Bentuk kesantunan berbahasa secara verbal ditemukan di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan parameter tindak tutur santri dan ustazah  pada pembelajaran Amsilati di Pesantren Darussalam dengan menggunakan teori Grice. Data diambil dari tuturan santri dan ustazah pada saat pembelajaran Amsilati berlangsung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode deskripstif kualitatif dengan teknik observasi. Adapun pengumpulan data melalui pengamatan, penglihatan, pendengaran dan terlibat secara langsung dengan  penutur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (2) data berbentuk pelanggaran maksim kuantitas, (1) data mematuhi maksim kuantitas. (1) data pelanggaran maksim kualitas, dan (1) data mematuhi maksim kualitas. Kemudian (1) data mematuhi maksim relevansi, dan (1) data terakhir berupa pelanggaran maksim pelaksanaan. Hal tersebut menunjukkan lebih banyak pelanggaran yang dilakukan dari pada mematuhi prinsip kerja sama Grice.
Pengembangan Kartu Bergambar Tiga Dimensi sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Berita Widiatmoko, Dian Anggoro; Arwansyah, Yanuar Bagas; Widyaningsih, Nina
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 1 (2020)
Publisher : UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i1.2618

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengembangkan produk media pembelajaran kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks berita; 2) mengetahui kualitas media pembeajaran kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks berita berdasarkan penilaian ahli; 3) mengetahui daya tarik media pembelajaran kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis teks berita; dan 4) mengetahui efektifitas kartu bergambar tiga dimensi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menuulis teks berita. Hasil penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran kartu bergambar tiga dimennsi untuk pembelajaran menulis teks berita. Kualitas kartu bergambar tiga dimensi sebagai media pembelajaran menulis teks berita berdasarkan penilaian ahli media mendapat skor 71 dengan rata-rata 3,73  pada kualifikasi sangat baik, penilaian ahli materi mendapat skor 68 dengan rata-rata 4 pada kualifikasi sangat baik. Daya tarik respon siswa mendapatkan nilai 53,7 dengan nilai presentase  94 % pada kualifikasi sangat baik. Hasil tes siswa menggunakan media kartu bergambar tiga dimensi efektif dengan hasil menunjukkan rata-rata yang berbeda dan signifikan.
Sarkasme pada Media Sosial Twitter dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Yani, Siska Lutfi
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i2.2628

Abstract

Penelitian ini merupakan sarkasme pada media sosial twitter.Tujuan penelitian ini iaitu untuk mendeskripsi wujud sarkasme pada media sosial twitter dan mendeskripsi implikasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah metode padan. Data diperoleh dengan membaca kolom komentar akun media sosial twitter @fadlizon kemudian mencatat kata dan kalimat iang mengandung gaia bahasa sarkasme dan dianalisis. Hasil penelitian ini menggunakan teori Elizabeth Camp terdapat 4 jenis sarkasme iaitu sarkasme sebutan, sarkasme leksikal, sarkasme sifat dan sarkasme ilokusi dengan menemukan 24 data kemudian diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di SM kelas X semester II kurikulum 2013.
Semiotik Roland Barthes pada Cerpen Tunas Karya Eko Tunas dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Putri, Nurul Panca
Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Vol. 1 No. 2 (2020)
Publisher : UIN Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22515/tabasa.v1i2.2648

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari tulisan ini adalah mengetahui tanda kode semiotik yang  dikemukakan oleh Roland Barthes pada kumpulan cerpen karya Eko Tunas. Cerpen karya Eko Tunas sarat akan penggunaan kode-kode yang berupa kode teka-teki, kode konotasi, kode simbolik, kode aksian dan kode budaya. Teori mengenai semiotik dapat diimplikkasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI di SMA pada KD 3.8 dan 4.8. cerpen yang diteliti meliputi 21 judul. Keduapuluh satu cerpen dianalisis secara semiotik untuk dapat mengetahui kode. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah deksriptif kualitatif yang memaparkan tulisan berdasarkan isi karya sastra, teknik pengumpulan data dengan metode membaca dan mencatat, teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cerpen yang ditulis Eko Tunas mempunyai tanda semiotik yang meliputi 5 kode. Jumlah data mencapai 60 data.