Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 5 (2024): Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)

PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP E-SATISFACTION DENGAN KEPUTUSAN PEMBAYARAN ELEKTRONIK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA PALU)

Rizaldi, Rizaldi (Unknown)
Muzakir, Muzakir (Unknown)
Ponirin, Ponirin (Unknown)
Anisah, Anisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini ditujukan guna melaksanakan analisis pengaruh e-service quality dan e-trust terhadap e-satisfaction dengan keputusan pembayaran elektronik sebagai variabel moderasi. Data yang dipergunakan pada penelitian ini ialah data primer. Data primer berasal dari hasil menyebarkan kuesioner pada pelanggan yang sudah memakai serta melaksanakan pembelian melalui Shopee yang berdomisili di Kota Palu. Sampel penelitian ini diambil memanfaatkan metode non probability sampling melalui teknik purposive sampling, yang berjumlah 80 responden. Teknik analisis data memakai Structural Equation Model (SEM) dengan basis Partial Least Square (PLS) didukung aplikasi Smart PLS 4.0. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya e-service quality serta e-trust punya pengaruh signifikan terhadap e-satisfaction, di sisi lain keputusan pembayaran elektronik tidak hanya punya pengaruh signifikan terhadap e-satisfaction, tetapi juga terbukti dapat memoderasi korelasi antara e-service quality serta e-trust, moderasi ini menunjukkan bahwa keputusan yang diambil pengguna terkait metode pembayaran elektronik dapat memperlemah e-service quality tetapi memperkuat atau meningkatkan e-trust terhadap kepuasan pengguna. Kata Kunci: E-service Quality; E-trust; E-satisfaction; Keputusan pembayaran elektronik

Copyrights © 2024