Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING)
Vol 7 No 6 (2024): COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting

PERAN MEDIASI KEPUASAN PADA HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PELANGGAN BIMBEL ONLINE ECODU

Ramadhani, Ayu Rizki (Unknown)
Iskandarini, Iskandarini (Unknown)
Sembiring, Beby Karina Fawzeea (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan serta pengaruhnya terhadap keputusan pembelian dalam konteks Bimbingan Belajar Online ECODU. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas layanan dan harga sebagai variabel independen, dan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening, serta keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Metode penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 170 responden yang diambil dari basis pelanggan ECODU. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS4. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kualitas layanan dan harga secara signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan. Lebih lanjut, kepuasan pelanggan secara positif memediasi hubungan antara kualitas layanan, harga, dan keputusan pembelian. Baik kualitas layanan maupun kesesuaian harga ditemukan memiliki dampak positif langsung terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menyoroti pentingnya meningkatkan kualitas layanan dan menyelaraskan strategi penetapan harga untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong hasil pembelian yang lebih baik. Kata Kunci: Kualitas Layanan, Harga, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

COSTING

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting reviewed covers theoretical and applied research in the field of Economics, Business and Accounting. Priority is given to those articles which satisfy the main scope of the journal, and have an impact in the research areas of interest. ...