ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana perilaku remaja dalam dunia virtual roleplay di kota Makassar, (2) bagaimana dampak roleplay pada kehidupan remaja di kota Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumen serta dokumentasi dan melibatkan sejumlah informan yang terkait langsung dengan roleplay. Berdasarkan hasil penelitian (1) perilaku remaja dalam dunia virtual roleplay adalah kegiatan yang dilakukan dalam dunia virtual hampir sama dengan aktivitas yang ada di dunia nyata namun menggunakan kode yang kerap disebut Imagine. (2) dampak yang dirasakan setelah mengenal dunia roleplay memiliki dampak positif maupun negatif. Dampak positifnya yaitu para roleplayer memiliki teman berbagi cerita, tidak merasa sendiri dan berbagai dampak positif lainnya. Sedangkan dampak negatif, di mana mereka menjadi lebih tertutup dan sejumlah aktivitas di dunia nyata menjadi tidak teratur.
Copyrights © 2023