Perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi merupakan perusahaan yang kegiatan operasionalnya berupa jasa pengiriman barang. PT Adisona Logistic Nusantara merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa ekspedisi. Saat ini, sistem pelacakan pengiriman barang dari pengirim ke alamat penerima masih dilakukan secara manual. Pelanggan sebagai pengirim sering mengalami kendala keterbatasan informasi mengenai status kondisi dan keberadaan barang, dikarenakan bagian operasional PT Adisona Logistic Nusantara tidak dapat selalu dihubungi oleh pelanggan setiap waktu untuk memperbaharui informasi status kondisi dan keberadaan barang kepada pelanggan melalui panggilan telefon. Pembuatan sistem pelacakan pengiriman barang diharapkan mampu membantu karyawan PT. Adisona Logistic Nusantara dan pelanggan dalam memantau proses pengiriman barang. Sehingga dapat memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pelanggan dalam mencari informasi tentang keberadaan barang yang telah dikirim atau barang yang akan diterima. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dibuat suatu sistem aplikasi berbasis internet untuk memudahkan informasi status pengiriman barang yang diangkat dalam penelitian dengan judul “Analisis dan Perancangan Sistem Pelacakan Pengiriman Barang Berbasis Web dan Whatsapp studi kasus “PT Adisona Logistic Nusantara”. Metode pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall, bahasa pemograman PHP dan database server menggunakan MySQL. Hasil dari penelitian ini yaitu, sistem pelacakan pengiriman barang berbasis web dan whatsapp di PT Adisona Logistic Nusantara dapat membantu memudahkan pelanggan dalam melakukan tracking barang atau melihat status pengiriman barang serta dapat membantu memudahkan admin atau user dalam kegiatan operasional perusahaan seperti input data pengiriman, update posisi barang, tracking barang secara efektif.
Copyrights © 2022