Jurnal Manajemen Bisnis dan Kesehatan
Vol. 1 No. 1 (2024): Volume. 1 No.1 2024

Pengaruh Brand Attitude Dan Karakteristik Sosiodemografi Terhadap Minat Pemanfaatan Kembali Pelayanan Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Tahun 2023

Fadillah, Almaida (Unknown)
Mangindara (Unknown)
Ngkolu, Nurmulia Wunaini (Unknown)
Nuryadin, Afriyana Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand attitude dan karakteristik sosiodemografi terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan pada pasien rawat inap di RSUD Labuang Baji Makassar tahun 2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 512 pasien, kemudian diperoleh sampel dengan menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 225 pasien dan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan accidental sampling. Analisis data digunakan adalah univariat, bivariat dengan uji chi-square dan analisis multivariat dengan uji regresi logistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kognitif (p=0,006), afektif (p=0,049), konatif p=0,047), evaluatif (p=0,044), perilaku (0,044) terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan. Sedangkan jenis kelamin (0,396) dan tingkat pendidikan (0,697) tidak berpengaruh terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan. Kemudian variabel yang paling berpengaruh terhadap minat pemanfaatan kembali pelayanan adalah kognitif (pengetahuan). Diharapkan kepada pihak rumah sakit agar meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada pasien sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan jumlah kunjungan ulang pasien

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMBK

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

The Journal of Management, Business, and Health aims to provide a national platform for timely dissemination of science and in-depth analysis of science, with a primary focus on business and health management science. Focus and Scope : Business, Business Development, Entrepreneurship, Finance, ...